Manfaat Biji Buah Semanggka Bagi Kesehatan

advertise here
Pada saat musim panas buah ini memang sangat menggiurkan, rasa yang menyegarkan dan memiliki kandungan air yang sangat tinggi membuat buah semangka ini menjadi buah yang baik untuk dikonsumsi. Tidak hanya buahnya saja yang memiliki kzat baik untuk tubuh, ternyata biji semangka pun memiliki kandungan zat yang bermanfaat bagi tubuh. Komponen nutrisi penting dari biji semangka tersebut di antaranya protein, vitamin B, mineral, dan lemak sehat. Kandungan ini bermanfaat menjaga tekanan darah, gula darah, sistem pencernaan, hingga kesehatan kulit. 

Untuk mendapatkan manfaat ini, biji semangka bisa dimakan langsung atau diolah dengan dikeringkan dan direbus. Dirangkum dari sejumlah sumber, berikut manfaat biji semangka bagi kesehatan.

1. Mengatur tekanan darah dan jantung koroner

Biji semangka mengandung protein yang terdiri dari beberapa asam amino salah satunya arginin. Tambahan arginin bagi tumbuh dari biji semangka ini bermanfaat untuk mengatur tekanan darah dan mengobati penyakit jantung koroner. Satu cangkir biji semangka kering mengandung 30,6 gram arginin yaitu setara 61 persen dari nilai yang direkomendasikan setiap hari.

2. Menjaga gula darah

Biji semangka memiliki kandungan mineral yang berlimpah berupa magnesium. Dalam satu cangkir biji semangka kering terdapat 556 mg atau 139 persen dari nilai yang disarankan. Magnesium juga dapat mengatur tekanan darah dan metabolisme karbohidrat, yang memiliki efek menguntungkan gula darah. Biji semangka juga memiliki mineral lain berupa fosfor, besi, kalium, natrium, tembaga, mangan, dan seng. 

3. Menjaga sistem saraf, pencernaan, dan kulit

Departemen Pertanian Amerika Serikat, seperti dimuat dalam laporan Live Strong beberapa waktu lalu mengungkapkan biji semangka kaya nutrisi vitamin B berupa niasin. Kandungan ini penting untuk menjaga sistem saraf, melancarkan sistem pencernaan, dan menyehatkan kulit. Satu cangkir biji semangka kering mengandung 3,8 miligram niasin atau 19 persen dari kebutuhan nilai harian. Selain itu, vitamin B yang terdapat dalam biji semangka diantaranya folat, thiamin, riboflavin, vitamin B6 dan asam pantotenat.

4. Menjaga kolesterol

Temuan lemak dalam biji semangka dianggap cukup mengejutkan. Satu cangkir biji kering memiliki 51 gram lemak, sebagian merupakan lemak jenuh atau lemak baik. Lemak baik ini dapat mengurangi kolesterol darah dan tekanan darah tinggi.