Tips Hidup Sehat dengan Tindakan Sederhana

advertise here
Banyak sekali kata bijak tentang kesehatan, salah satunya seperti kesehatan jauh lebih berharga daripada uang karena apa gunanya uang kalau kesehatan tidak dijaga. Semakin lama semakin banyak orang sadar pentingnya kesehatan dan semakin banyak orang yang tidak peduli dengan kesehatan. Hal ini didukung oleh informasi kesehatan yang sangat mudah didapat melalui internet dan juga banyak situs resmi tanya dokter langsung tanpa harus tatap muka.


Berbicara tentang hidup sehat tentunya sudah menjadi hal yang sering didengarkan dan dipublikasikan. Hidup sehat seringkali dikaitkan dengan makanan, zaman serba instan ini banyak sekali masyarakat yang lebih senang mengonsumsi fast food atau makanan cepat saji. Hal ini tentunya berpengaruh terhadap kesehatan pengonsumsi karena makanan cepat saji apabila tidak diperhatikan pembuatannya akan sangat berdampak buruk bagi kesehatan. Memasak sendiri adalah pilihan yang tepat untuk hidup sehat, mengetahui kadar bahan dapur yang pas, dan tidak menggunakan MSG yang berlebihan serta menjaga kebersihan makanan itu sendiri.

Saat ini banyak sekali video workout, zumba dance, gym dan yoga menjadi kegiatan menyehatkan badan yang sedang hits di zaman sekarang. Kegiatan ini dilakukan didalam ruangan dan biasanya berkelompok, terutama kelompok wanita-wanita muda atau ibu-ibu arisan. Bukan hanya itu saja video-video tersebut menjadi acuan bagi masyarakat yang ingin melakukan olahraga di rumah. Tak jarang memposting hasil dari workout, zumba dance, gym dan yoga seperti menurunnya berat badan, lebih menjaga pola makan, bentuk tubuh lebih ideal serta mengajak anggota keluarga ataupun teman untuk turut melakukan hal yang sama. Selain olahraga hal sederhana lainnya untuk hidup sehat dan sering terlewatkan dan tidak disadari adalah sebagai berikut:

  • Minum air putih hangat di pagi hari (air putih biasa juga bisa) dan mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas per hari.
  • Beristirahat dengan baik, mengurangi begadang dan tidur dalam jangka waktu jam 9-10 malam sangat baik bagi kesehatan terutama untuk organ-organ tubuh.
  • Lebih sering mengonsumsi buah dan sayur, mengurangi cemilan dan jajanan di pinggir jalan yang sering terkena debu dan memiliki kadar kolesterol yang tinggi.
  • Makanlah sebelum lapar dan berhenti makan sebelum kenyang, istilah ini sangat bijak untuk mengontrol tingkat konsumsi makanan yang berlebihan.

Tips diatas sangat membantu masyarakat untuk melakukan tindakan kecil yang dimulai dari diri sendiri. Hidup sehat tentu keuangan pun sehat karena tidak perlu mengeluarkan biaya untuk berobat. Pola hidup sehat tidak hanya berbicara tentang makanan dan olahraga tetapi juga pikiran-pikiran positif yang mampu menyegarkan pikiran. Tersenyum dan tertawa adalah dua hal yang juga perlu untuk menjaga hidup sehat, tentunya untuk awet muda, memiliki rasa syukur, menghindari gal-hal negatif masuk didalam tubuh. Jiwa yang ceria adalah jiwa yang kuat untuk melawan penyakit.